Jumat, 30 Oktober 2009

Online Banking System pada Bank Syariah Mandiri

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Peranan Sistem Informasi dalam Perbankan Syariah

Dalam era perbankan saat ini, arus informasi memegang peranan yang lebih utama dibandingkan arus barang. Hal ini berarti dunia perbankan termasuk perbankan syariah arus mengikuti arus perubahan informasi yang terjadi. Jika tidak, maka perbankan syariah tidak akan berkembang pesat seperti yang diharapkan. Oleh kerena itu, perkembangan perbankan syariah di Indonesia tak terlepas dari peranan sistem informasi yang berguna dalam operasional bank syariah dimana dalam operasional suatu bank dituntut kecepatan dalam pertukaran informasi maupun dalam kapasitas penyimpanan data informasi bank tersebut. Selain itu sistem informasi yang dibangun dengan baik dan benar dapat meningkatkan produktivitas, menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki manfaat (nilai tambah) dan meningkatkan layanan serta kepuasan nasabah.

Beberapa aplikasi penggunaan sistem informasi dalam dunia perbankan :

  • Sistem informasi keuangan (financial information system)
  • Sistem pengolahan transaksi (transaction processing system)
  • Sistem pengolahan aplikasi (application processing system)
  • Sistem keputusan manajemen (management decision system)
  • Sistem informasi nasabah (customer information system)
  • On line banking system (general ledger aplication system)

§ Sistem informasi keuangan (financial information system)

Sistem informasi keuangan merupakan bagian penting dari struktur informasi di berbagai lembaga keuangan. Meskipun sering dinamakan sistem general ledger, sistem informasi keuangan sebenarnya adalah sistem pelaporan dan pengendalian keuangan menyeluruh yang tidak hanya sebatas fungsi-fungsi rutin yang mencakup pemeliharaan general ledger sebuah lembaga. Sistem informasi keuangan menyediakan informasi yang bertujuan untuk pelaporan periodik, informasi historis, laporan ke otoritas moneter (Bank Indonesia), perencanaan laba dan anggaran, dan lain-lain.

§ On line banking system

Sistem on-line atau sistem aplikasi perbankan terintegrasi ini merupakan trend perbankan dewasa ini sehingga masing-masing bagian atau nasabah bisa secara on-line berhubungan dengan pihak bank di seluruh kantor cabang. Sistem on line ini memerlukan sistem jaringan komputer yang menghubungkan seluruh kantor cabang dan pembuatan sub-subsistem aplikasi yang terintegrasi dengan memperhitungkan keterkaitan fungsional antar-bagian di bank tersebut dan keterkaitannya dengan sistem eksternal, baik nasabah, lembaga keuangan lain maupun sistem-sistem informasi eksternal lainnya. Sebagai contoh, ada sistem aplikasi tabungan dan giro yang bisa mengakomodasi sistem on line. Adapun bentuk integrasi sistem aplikasi tabungan ke sistem aplikasi general ledger seperti di bawah ini.

1.2 CONTOH PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA BANK SYARIAH

Sebagaimana telah diuraikan di atas, aplikasi penggunaan sistem informasi pada bank syariah ada beberapa macam. Salah satunya ialah aplikasi online banking system. Adapun bank syariah yang sudah menerapkan online banking system tersebut yaitu Bank Syariah Mandiri. Bank Syariah Mandiri (BSM) merupakan bank milik pemerintah pertama yang melandaskan operasionalnya pada prinsip syariah. Secara struktural, BSM berasal dari Bank Susila Bakti (BSB), sebagai salah satu anak perusahaan di lingkup Bank Mandiri (ex BDN) yang kemudian dikonversikan menjadi bank syariah secara penuh. Sebagai salah satu bank yang dimiliki oleh Bank Mandiri yang memiliki aset ratusan triliun dan networking yang sangat luas, BSM memiliki beberapa keunggulan komparatif dibanding pendahulunya. Di samping itu, harmoni antara idealisme usaha dan nilai-nilai rohani menjadi salah satu keunggulan Bank Syariah Mandiri sebagai alternatif jasa perbankan di Indonesia. Bank Syariah Mandiri memiliki 328 kantor layanan yang tersebar di 24 provinsi di seluruh Indonesia dan 118 ATM Syariah Mandiri, ATM Mandiri 3.746 unit, ATM Bersama 14.758 unit (include ATM Mandiri dan ATM BSM), ATM Prima 10.647 unit serta Malaysia Electronic Payment System (MEPS) 6.505 unit.

1.3 Produk dan Jasa Bank Syariah Mandiri

Ø Pendanaan

§ Tabungan

· Tabungan Berencana BSM

· Tabungan Simpatik BSM

· Tabungan BSM Dollar

· Tabungan BSM

· Tabungan Mabrur BSM

· Tabungan Kurban BSM

· TabunganBSM Investa Cendekia

§ Deposito

· Deposito BSM

· Deposito BSM Valas

§ Giro

§ Giro BSM EURO

§ Giro BSM Valas

§ Giro BSM

§ Giro Singapore Dollar

§ Obligasi

· Obligasi BSM

Ø Pembiayaan

· Pembiayaan Mudharabah BSM

· Pembiayaan Edukasi BSM

· Pembiayaan Umroh

Pembiayaan Griya BSM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar